Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Thursday 22 February 2018

Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

ARISTO.ID Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya. Menjadi seseorang yang dibayar dari sebuah hobi yang di kerjakan adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Seperti halnya dengan fotografer. Mendapatkan uang dari sesuatu yang disukai itu adalah sesuatu pekerjaan idaman bagi setiap orang. Karena bisa dipastikan orang yang pekerjaannya fotografer itu awalnya adalah dari hobi memotret.

Seperti yang saya pribadi alami. Saya memulai hobi memotret ini dari tahun 2013 tepatnya saat saya sedang bekerja sebagai TKI atau bahasa halusnya pemagang di Jepang. Seorang anak muda yang bekerja dengan gaji tinggi tentu membuat gaya hidup saya berubah drastis. Untungnya saya membuang banyak uang saya saat itu untuk kamera yang ternyata sekarang menjadi tumpuan utama saya mencari sesuap nasi untuk kehidupan sehari hari.

Sampai pada akhirnya di tanggal 10 Agustus 2017 atas bantuan dan dukungan dari salah seorang teman saya pun mulai membuka studio foto di Pekalongan. Aristo Fotografi Pekalongan adalah nama yang saya usung sebagai nama bisnis studio saya. Sesuai nama saya pribadi yaitu Mukhamad Aristo.

Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya


Baca Juga Foto Studio Murah Di Pekalongan Hanya Aristo Fotografi



Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya


Mengapa saya memberi judul artikel ini adalah  " Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya " ??? Karena memang modal yang saya butuhkan dan saya pakai untuk membangun studio foto ini hanyalah 10 juta saja. Untuk lebih jelasnya saya telah menuliskan artikel lengkapnya dibawah ini.

Baca Juga Cara Membuat Studio Foto Di Kamar Dibawah 10 Juta



Setelah membuat studio dengan biaya yang saya sebutkan di atas sekarang saatnya mulai menghitung penghasilan dari studio foto tersebut. Dari mulai beroperasi hingga sekarang saat saya menulis artikel ini file foto dari para pelanggan masih tersimpan rapi dalam folder jadi untuk menghitung penghasilan saya selama ini tentu mudah. Karena bisa saya urutkan dari pertama hingga saat ini tepatnya 21 Februari 2018. Dan berikut adalah rinciannya.

Agustus 2017


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Saya mulai membuka studio foto pada tanggal 10 Agustus 2017 dan sampai pada akhir bulan saya mendapatkan total omset Rp. 820.000,-. Untuk permulaan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan omset dengan jumlah seperti itu.

September 2017


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Untuk bulan kedua saya mendapatkan penghasilan kotor sebesar Rp. 3.510.000,-. Alhamdulillah bisa melebihi UMK daerah saya tinggal di Pekalongan yang sekitar kurang dari 2 juta rupiah.

Oktober 2017


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Untuk bulan Oktober ini angka yang saya dapatkan sedikit dibawah bulan kemari yaitu di angka Rp. 3.470.000,-. Hanya selisih sekitar 40 ribu rupiah saja. Alhamdulillah masih di atas UMK Pekalongan.

November 2017


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Alhamdulillah untuk bulan November ini saya mendapatkan peningkatan yang cukup pesat yaitu di angka Rp. 5.200.000,-. Hal ini saya pikir karena saya juga menerima banyak sesi photoshoot outdoor yang tentunya harga yang saya tawarkan lebih mahal jika dibandingkan dengan foto studio.

Desember 2017


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Pada bulan Desember ini saya jujur tidak menyangka sekali penghasilan atau omset selama sebulan bisa tembus di angka Rp. 8.740.000,-. Jujur selama 3 tahun bekerja sebagai karyawan pabrik swasta di Bekasi saya tidak pernah mendapatkan gaji sebanyak ini. Paling besar pernah saya mendapatkan 6 juta rupiah itu pun dengan lembur yang sangat banyak.

Dan dengan membuka usaha foto studio ini dalam tempo waktu 5 bulan saja saya bisa menembus omset seperti ini. Tentu ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi saya pribadi.

Januari 2018


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Untuk bulan Januari ini ada penuruna menjadi Rp. 6.410.000,-. Walaupun omset mengalami penurunan namun menurut saya angka ini sudah sangat cukup untuk bisnis atau usaha yang masih berumur kurang dari 1 tahun.

Februari 2018


Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya

Untuk bulan Februari ini ( sampai tanggal 21 ) saya sudah mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 3.260.000,-. Sebenarnya pada bulan Februari ini saya sedang menjalankan proyek renovasi studio makanya untuk studio sendiri tidak terlalu saya urus dengan maksimal sehingga penghasilan pun menurun dari pada bulan bulan sebelumnya.

Baca Juga Prewedding Di Curug Bajing Petungkriyono Bersama Aristo Fotografi



Total Penghasilan


Jadi total penghasilan saya selama 6 bulan sejak berdiri adalah Rp. 31.410.000,-. Bagi sebagian orang mungkin kecil namun menurut saya untuk usaha rumahan yang beru berdiri dan dengan modal 10 juta saja tentu ini merupakan sebuah bisnis yang menjanjikan. Terlebih lagi ini adalah hobi bagi kita semua para pecinta dunia fotografi.

Namun perlu di ingat juga bahwa angka di atas adalah masih kotor. Belum saya kurangi dengan kebutuhan sehari hari seperti makan dan lain lainnya.

Diluar baik dan buruk atau besar dan kecil angka di atas niat saya pribadi hanyalah sekedar berbagi pengalaman saja. Jadi jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share atau bagikan di media sosial anda semua. Semoga artikel Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? ini bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya