Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Monday 26 February 2018

Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah

ARISTO.ID Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah. Saya yakin anda yang membaca artikel ini adalah orang orang yang sudah berkecimpung lama atau hobi di dunia fotografi. Kalau begitu berarti anda tepat berada dan sedang membaca artikel ini. Karena pada artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan pengalaman pribadi saya tentang bagaimana caranya memulai bisnis foto studio dengan modal yang cukup murah.

Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah


Baca Juga Tips Cara Foto Produk Pakaian Untuk Dijual Di Online Shop



Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah


Saya hobi fotografi sejak tahun 2013 dan memulai bisnis foto studio pada bulan Agustus 2017. Jadi 4 tahun saya belajar memantapkan diri mengenai ilmu ilmu fotografi. Awalnya saya hanya diberi tahu oleh salah satu teman saya yang pernah foto distudio orang lain. Dari cerita tersebut saya akhirnya memantapkan diri untuk membuka usaha ini.

Berikut alur saya memulai bisnis foto studio ini sendiri.

  • Survei Alat Yang Dibutuhkan

  • Survei Harga

  • Mendekorasi Ruang Untuk Foto Studio

  • Uji Coba Lighting

  • Pemasaran Atau Promosi


1.Survei Alat Yang Dibutuhkan


Setelah yakin dengan usaha ini saya memulainya dengan melakukan survei tentang alat apa sajakah yang nantinya akan dibutuhkan. Saya mencari semuanya dari berbagai sumber dan bertanya dengan beberapa teman juga pastinya. Alat yang dibutuhkan untuk bisnis foto studio antara lain adalah.

  • Kamera + Lensa tentunya

  • Flash / Lighting Studio

  • Background

  • Properti


Alat utama yang dibutuhkan adalah yang saya sebutkan di atas. Kamera dan lensa tentu untuk mengambil gambar. Flash untuk pencahayaan di studio karena studio tentu didalam ruangan dan membutuhkan cahaya bantuan untuk membuat foto menjadi terang. Background sendiri bisa menggunakan berbagai kreasi seperti wallpaper atau juga bisa dengan gorden seperti yang saya lakukan. Dan properti untuk menunjang gaya atau pose para calon customer nantinya.

2.Survei Harga


Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan survei harga dari barang barang yang dibutuhkan. Survei bisa kita lakukan di berbagai marketplace online seperti Buakalapak, Tokopedia, Lazada, Shoppe dan berbagai toko online lainnya. Selain itu kita bisa juga survei harga secara langsung ke toko toko di kota kita. Tentu tujuannya untuk memperoleh harga yang terbaik dengan kualitas barang yang bagus.

3.Mendekorasi Ruang Untuk Foto Studio


1 ruangan saja sebenarnya cukup untuk membuat bisnis foto studio ini. Saya sendiri menggunakan ruang tamu karena aksesnya yang paling depan sehingga privasi saya dan keluarga masih bisa ditutupi dan tidak terlihat oleh pengunjung dari luar.

Untuk background bisa menggunakan seperti yang saya sebutkan tadi yaitu wallpaper atau gorden. Bisa juga dengan cat biasa seperti putih atau warna warna lainnya langsung pada tembok. Untuk alas atau lantainya bisa dengan menggunakan karpet plastik yang memiliki motif. Pilih motif yang cocok dan sesuai selera tentunya.

Untuk properti lainnya bisa menggunakan kursi kursi yang antik seperti dari bekas palet kayu atau pun kursi dari drum bekas. Jangan lupa juga membeli hiasan seperti bunga, vas, boneka, gitar dan berbagai macam properti pendukung lainnya.

Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah

Baca Juga Cara Membuat Studio Foto Di Kamar Dibawah 10 Juta



4.Uji Coba Lighting


Uji coba lighting juga perlu agar saat mendapatkan customer kita tidak terlihat kebingungan. Saya juga melakukannya saat pertama kali studio selesai dibuat. Saya mengundang beberapa saudara atau teman untuk dijadikan model foto di studio secara gratis tentunya. Selain untuk belajar nantinya hasil juga bisa kita gunakan unuk media promosi atau portofolio di akun media sosial.

5.Pemasaran Atau Promosi


Dalam bisnis apalagi saat awal awal dibangun yang paling penting menurut pengalaman saya adalah promosi. Tanpa promosi orang tidak akan tahu bisnis atau produk apa yang kita jual. Untuk media promosi sendiri bebas bisa menggunakan brosur, jasa endorse, paid promote, give away dan berbagai macam cara lainnya.

Saya sendiri pernah menggunakan brosur untuk media promosi tapi menurut saya cara ini kurang efektif. Akhirnya saya mencoba melakukan paid promote kepada beberapa akun Instagram di Pekalongan yang memiliki follower banyak. Dan cara ini ternyata cukup efektif untuk saya dan bisnis fotografi saya ini.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah

Itulah sedikit curhatan saya mengenai pengalaman memulai bisnis foto studio ini. Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan silahkan hubungi kontak saya dibawah ini.

Semoga artikel Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah ini bermanfaat. Terima kasih dan salam fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Darimana Cara Memulai Bisnis Foto Studio Dengan Modal Murah