Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Wednesday 28 February 2018

Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless

ARISTO.ID Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless. Memiliki kamera DSLR ataupun Mirrorless sekarang bukanlah hal yang mewah lagi. Karena sekarang ini sudah banyak sekali kamera kamera seri amatir yang harganya cukup murah. Salah satu pabrikan yang memproduksi kamera seri amatir ini adalah Canon. Karena pengamatan saya sendiri di bursa jual beli kamera kebanyakan Canon lah yang menguasai pasar karena harga kameranya yang cukup terjangkau.

Karena bagi pemula tentu budget adalah hal yang cukup penting dalam pemilihan saat hendak membeli kamera DSLR atau Mirrorless. Apalagi seorang pemula yang memiliki dana terbatas seperti saya contohnya. Dan tentu saja salah satu solusi terbarik untuk pecinta fotografi dengan dana terbatas adalah dengan membeli kamera bekas. Namun tentu kamera bekas yang kita cari adalah kamera yang masih memiliki kualitas baik. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless.

Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless


Baca Juga Tips Membeli Kamera Pertama Kali Yang Perlu Diperhatikan



Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless


1.Cek Fisik Kamera


Yang pertama kali harus kita lakukan dalam membeli kamera bekas adalah cek fisik kamera. Apakah ada goresan atau cacat di tubuh kamera secara keseluruhan. Dalam melihat cacat ini kita harus teliti sedetail mungkin karena dengan adanya cacat pada kamera tentu akan mengurangi nilai jual barang walaupun hasil fotonya tidak akan berpengaruh oleh adanya goresan tersebut.

Biasanya bagian yang paling sering terkena goresan adalah bagian bawah untuk tumpuan tripod atau pada bagian pinggir tempat untuk mengikat strap kamera. Selain itu bantalan disekitar lensa juga rawan adanya goresan jika pemilik sebelumnya tidak terlalu berhati hati dalam mengganti lensa.

2.Cek Fungsi Tombol Pada Kamera


Setelah memeriksa fisik kamera dari goresan langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan saat membeli kamera bekas adalah memeriksa fungsi tombol kamera tersebut. Tombol berguna untuk melakukan pengaturan dan navigasi kamera. Dengan adanya tombol tombol ini kita akan lebih mudah melakukan setting seperti ISO, Apperture, Shutter Speed dan juga pengaturan lainnya.

Untuk kamera saat ini biasanya sudah memiliki fitur Touchscreen atau layar sentuh. Tapi menurut saya fitur layar sentuh pada kamera kurang nyaman penggunaannya tidak seperti smartphone. Justru kita akan lebih mudah melakukan segala jenis pengaturan menggunakan tombol tombol yang ada pada kamera tersebut.

Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless

3.Cek Debu Pada Sensor Kamera


Setelah memeriksa bagian luar selanjutnya yang perlu kita periksa adalah bagian sensor kamera. Jika kita membeli kamera bekas point ini jangan sampai terlupa karena kebersihan pada bagian sensor sangatlah penting. Kotor pada bagian sensor akan berpengaruh pada hasil foto yang kita ambil nantinya. Maka dari itu carilah kamera yang memiliki sensor bersih atau jika kita bisa membersihkannya sendiri tentu lensa kotor tidak terlalu menjadi masalah.

Baca Juga Cara Setting Kamera DSLR Sebelum Memulai Memotret



4.Cek Slot Baterai Dan Juga Memori


Memeriksa fungsi pada slot baterai dan juga pada slot memori tidak kalah penting dalam membeli kamera bekas baik DSLR maupun Mirrorless. Karena kita harus memastikan semua fungsi dari kamera yang akan kita beli tersebut normal semua. Sehingga dalam perjalanannya kedepan nanti kita tidak akan mengalami banyak kendala saat mengoperasikan kamera tersebut.

5.Cek Shutter Count


Point terakhir ini juga tidak kalah penting yaitu memeriksa Shutter Count pada kamera yang hendak kita beli. Shutter Count pada kamera ini adalah sebuah nyawa kamera yang memiliki umur masing masing. Jika Shutter Count banyak maka bisa di prediksikan umur kamera tidak akan lama lagi atau Shutter pada kamera akan segera rusak.

Karena biaya penggantian Shutter pada kamera cukup mahal maka pengecekan Shutter Count ini sebaiknya dilakukan sebelum proses jual beli dilakukan. Namun ada pula pendapat dari salah satu fotorgafer berpengalaman bahwa " Shutter Count Is Bulshit " atau bisa juga di artikan Shutter Count adalah omong kosong. Karena sesuai pengalamannya banyak kamera dengan Shutter Count sedikit yang sudah rusak dan juga sebaliknya banyak juga kamera dengan Shutter Count banyak masih kuat dan bisa di ajak untuk memotret dengan baik.

Ingin Kamera Murah? Tips Beli Kamera Online di Sini!

Demikianlah artikel mengenai pembahasan Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless ini. Semoga bermanfaat untuk anda semua yang ingin membeli kamera bekas sehingga mendapatkan barang yang tidak mengecewakan. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Membeli Kamera Bekas Baik DSLR Maupun Mirrorless