Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Friday 9 March 2018

Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik

ARISTO.ID Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik. Salah satu genre fotografi yang banyak diminati oleh para fotografer baik pemula maupun profesional adalah memotret model. Dan alasan paling mendasar tentu karena model biasanya memiliki postur tubuh ideal yang enak dilihat. Jadi selain bisa melakukan hobi memotret kita juga bisa sekalian cuci mata melihat model model yang cantik tentunya.

Namun diluar itu memotret model juga tidak bisa sembarangan. Karena kita juga harus mengetahui tips dan triknya agar memotret model bisa menghasilkan gambar yang bagus juga tentunya. Jangan sampai modelnya sudah cantik tapi karena kesalahan kita dalam mengambil gambar menjadikan hasil akhirnya tidak enak dipandang.


Baca Juga Tips Foto Bayi Yang Aman Dengan Hasil Memuaskan



Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik

Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara memotret model yang saya dapatkan dari berbagai pengalaman pribadi selama menekuni hobi fotografi ini. Ada beberapa tips dan trik memotret model yang saya dapatkan. Di antaranya adalah.

  • Ekspresi

  • Gestur / Gerak Tubuh

  • Konsep ( Kostum dan Lokasi )

  • Latar Bokeh Juga OK

  • Close Up Wajah

  • Full Body Juga Boleh

  • Pagi Atau Sore Hari

  • Full Colour Agar Foto Lebih Hidup


Langsung saja kita bahas mulai dari yang pertama.

1.Ekspresi


Yang terpenting dalam sebuah pemotretan model adalah ekspresi atau mimik wajah dari model itu sendiri. Dan salah satu cara untuk mendapatkan ekspresi model yang bagus adalah dengan membuatnya nyaman saat difoto. Perhatikan segala sesuatunya tentang model tersebut. Dan jangan pula memforsir tenaga model untuk terus berpose sehingga ekspresi yang diberikan tidak akan maksimal. Berilah jeda untuk model beristirahat sehingga model juga bisa mengerjakan tugasnya dengan baik.

2.Gestur / Gerak Tubuh


Cara memotret model yang kedua adalah dengan memperhatikan gestur atau gerak tubuh model. Selain ekspresi gestur model juga sangat penting mempengaruhi bagus atau jeleknya karya fotografi model. Cara mendapatkan gestur yang baik tentu juga dengan membuat model senyaman mungkin. Karena bila model nyaman maka gambar pun akan enak dilihat.

Gunakan juga model yang sudah berpengalaman agar mengerti gestur apa saja yang cocok dan nyaman. Apabila model masih pemula bisa membelajarinya dengan cara memperlihatkan foto foto model profesional kemudian meniru posenya.

3.Konsep ( Kostum dan Lokasi )


Konsep sebenarnya sangat penting dalam segala jenis genre fotografi. Karena pemotretan yang berkonsep tentu akan membuat nilai plus tersendiri dan menjadikan hasil foto lebih pas dilihat. Bayangkan jika tidak ada konsep, misalnya memotret model dengan kostum nelayan di gedung gedung tua, tentu hasil kurang pas. Untuk kostum nelayan lebih baiknya diambil dilokasi seperti galangan kapal, tempat pelelangan ikan atau juga bisa di pelabuhan.

4.Latar Bokeh


Salah satu yang membuat foto model lebih bagus adalah dari latar belakang yang blur atau biasa dibilang bokeh. Banyak sekali penggemar foto model dengan background bokeh di Indonesia termasuk saya. Karena dengan bokeh tentu fokus dari orang yang melihat akan tertuju pada model tersebut. Untuk menghasilkan foto bokeh bisa dengan membaca artikel dibawah ini.

Baca Juga Tips Foto Bokeh Dengan Menggunakan Lensa Kit



Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik

5.Close Up Wajah


Cara memotret model selanjutnya adalah dengan memotret close up ke wajah model. Cukup arahkan lensa kamera ke bagian wajah model. Biasanya foto close up ini untuk menunjukkan detail wajah model. Bisa juga untuk mempromosikan make up dari MUA model tersebut.

Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik

6.Full Body


Selain memotret close up pengambilan gambar full body juga bagus. Biasanya ini untuk mengeksplore lokasi pemotretan dengan memasukkan berbagai unsur yang ada ke dalam frame. Selain itu gestur atau gerak tubuh dari model juga akan terlihat lebih jelas jika kita mengambil gambar full body.

7.Pagi Atau Sore Hari


Memotret di alam terbuka memang lebih mudah karena kita tidak perlu membawa perlengkapan lighting studio. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu pemotretan. Biasanya jam jam yang bagus untuk pemotretan outdoor adalah pagi hari sebelum jam 10 dan juga sore hari setelah jam 3.

Jam jam tersebut biasanya disebut dengan istilah Goldenhours dan juga Bluehours. Berikut artikel selengkapnya.

Baca Juga Mengenal Istilah Bluehours Dalam Fotografi



8.Full Colour


Cara memotret model yang terakhir adalah dengan membuat foto lebih full colour. Pilih area latar yang berwarna sehingga foto bisa lebih hidup. Selain itu proses editing juga mengambil peran penting dalam membuat gambar atau foto lebih hidup dengan berbagai warna warni didalamnya. Berikut contoh foto full colour.

Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik

Demikianlah artikel mengenai Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik. Semoga sedikit coretan saya ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan salam fotografi.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memotret Model Di Alam Terbuka Yang Baik