Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Tuesday 20 March 2018

Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik

ARISTO.ID Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik. Hallo Onty dan Ongkel semuanya kali ini saya akan sedikit curhat saya mengenai permasalahan yang pernah saya hadapi. Yaitu masalah infeksi pada telinga kucing saya yang bernama YUKI .

Kira kira setelah 2 bulanan saya adopsi YUKI tiba tiba suatu hari YUKI tidak mau makan dan lemes tidak seperti biasanya. Padahal beberapa hari yang lalu masih banyak makan dan lincah lari lari kesana kemari. Saat itu saya dan istri cukup bingung dibuatnya dan pada malam harinya saya pun akhirnya membawa YUKI ke dokter hewan di kota saya.

Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik



Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik


Setelah sampai dan antri 2 pasien yang lain akhirnya YUKI pun mulai diperiksa. Setelah saya menyampaikan keluhan dan dokter memeriksa akhirnya ditemukan bahwa telinga YUKI mengalami infeksi. Banyak cairan seperti nanah yang berwarna kehitam hitaman berada didalam telinga YUKI. Kemudian dokter pun membersihkannya.

Baca Juga Cara Membersihkan Telinga Kucing Sendiri Dengan Benar



Penyebab Infeksi Telinga Kucing


Ada beberapa penyebab infeksi telinga pada kucing menurut dokter tersebut diantaranya adalah.

1.Kemasukan air saat di mandikan / grooming


Hal ini bisa saja terjadi akibat kita salah memilih tempat untuk memandikan kucing kita. Bisa jadi orang tersebut belum berpengalaman sehingga kurang begitu hati hati sehingga saat memandikan kucing ada air yang masuk kedalam telinga sehingga bisa jadi menyebabkan infeksi.

2.Telinga tidak pernah atau jarang dibersihkan


Ini bisa jadi salah satu penyebab YUKI mengalami infeksi karena saya memang tidak pernah membersihkan telinganya. Disamping saya tidak tahu menahu masalah kucing saya juga belum ada 1 bulan mengadopsi YUKI ini sehingga tidak begitu mengerti masalah perawatannya.

3.Adanya virus atau bakteri yang terdapat dalam telinga


Adanya virus atau bakteri juga berkaitan dengan point kedua tadi. Jika telinga jarang atau bahkan tidak pernah dibersihkan tentu saja akan mendatangkan virus atau bakteri kedalamnya.

4.Alergi terhadap makanan tertentu


Alergi terhadap makanan juga bisa jadi merupakan penyebab terjadinya infeksi telinga kucing. Karena bisa jadi makanan yang dimakan mengandung bakteri yang bisa mengganggu sistem pendengaran pada kucing khususnya pada bagian telinga.

Cara Pengobatan Terhadap Infeksi Telinga Kucing


Setelah memberi penjelasan pada saya mengenai faktor faktor apa saja yang bisa menyebabkan telinga kucing menjadi infeksi dokter pun mulai pengobatan terdahap kucing saya tersebut. Dan tidak lupa juga menjelaskan cara cara apa sajakah yang bisa dilakukan sebagai pengobatan atau pencegahan dari infeksi telinga kucing.

1.Bawa Ke Dokter


Ini adalah jalan pintasnya apabila kucing kita sudah mengalami infeksi yang cukup parah. Yaitu dengan membawanya ke dokter hewan. Di dalam klinik hewan tentu dokter akan memberikan penanganan terbaik kepada pasiennya.

Seperti yang dilakukan terhadap YUKI. Dokter memberinya obat suntikan dan beberapa obat lain yang harus diminumkan terhadap kucing kita yang mengalami infeksi.

2.Membersihkan Telinga Secara Rutin


Membersihkan telinga kucing secara rutin juga bisa mencegah terjadinya infeksi. Saat saya membawa YUKI dokter pun membersihkan telinganya dan ternyata didalamya terdapat banyak sekali nanah yang kecoklatan akibat dari infeksi tersebut.

Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan Cuttonbat atau tisu yang sudah ditetesi baby oil atau minyak bayi. Hal ini agar kotoran pada telinga mudah terangkat. Selain itu kita juga bisa mengunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran kotorannya.

3.Memberikan Obat Tetes Kedalam Telinga


Memberikan obat tetes kedalam telinga juga merupakan salah satu cara mengobati infeksi telinga kucing yang saya lakukan. Saya mendapatkan obat tetes tersebut dari klinik yang menganjurkannya untuk di pakai sehari 2x pada pagi dan juga sore hari. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan membersihkan kotoran pada telinga kucing.

4.Memilih Tempat Grooming Yang Baik


Salah satu yang perlu dilakukan lagi adalah dengan memilih tempat memandikan kucing yang baik. Kita harus benar benar memilih tempat Grooming yang bagus. Hal ini agar kucing kesayangan kita tidak mengalami hal hal yang tidak diinginkan. Atau kita bisa memandikannya sendiri dirumah karena tentu kita bisa mengontrolnya sendiri.

Baca Juga Cara Memandikan Kucing Yang Benar Dirumah Sendiri



Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik


Demikian artikel mengenai Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Dan jangan lupa yaa Onty Ongkel follow IG YUKI di https://www.instagram.com/yuki_meowww/ .

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Infeksi Telinga Kucing Dan Cara Pengobatannya Yang Baik