Blog Tentang Travelling Dan Fotografi

Saturday 10 March 2018

Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol

ARISTO.ID Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol. Menjadi seorang fotografer profesional tentu saja bukan perkara yang mudah. Selain dibutuhkan peralatan yang memadai kita juga harus memiliki jam terbang yang tinggi. Karena pengalaman dalam fotorgafi merupakan hal penting dalam menghasilkan kualitas foto yang bagus dan enak di pandang.

Meskipun tidak mudah namun mejadi fotografer profesional bukan perkara yang sulit. Asal ada kemauan kita pasti bisa sampai pada fase tersebut. Tinggal mau atau tidak kita melewati fase fase tersebut dan konsisten dalam belajar fotografi.


Baca Juga Tips Fotografi Lengkap Dari Awal Sampai Mahir Untuk Pemula



Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol

Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol


Kali ini saya akan membagikan beberapa tips menjadi fotografer profesional yang mudah ditiru untuk kita semua. Hal ini jugalah yang saya lakukan untuk menempuh fase fase tersebut agar bisa disebut fotografer profesional seperti yang lainnya. Dan berikut adalah tipsnya :

  • Berani Investasi Alat

  • Belajar Fotografi Dari Internet

  • Ikut Komunitas Fotografi

  • Pahami Dasar Fotografi ( Segitiga Exposure )

  • Maksimalkan Alat Yang Ada

  • Sering Sering Memotret

  • Buat Portofolio ( Online dan Offline )

  • Berani Promosi

  • Keluarkan Ide Ide Unik

  • Konsisten


1.Berani Investasi Alat


Langkah pertama untuk menjadi fotografer profesional adalah dengan berani investasi alat alat fotografi. Anggap saja alat alat ini adalah modal utama dalam menjalani hobi didunia fotografi ini. Untuk pemula sebaiknya jangan langsung beli kamera yang mahal karena tentu itu akan menguras dana. Lebih baik beli kamera yang medium terlebih dahulu serta lensa standart .

Selain itu asah dulu pengetahuan kita didunia fotografi. Setelah memiliki ilmu yang cukup barulah mulai berpikir memperbaharui alat.

2.Belajar Fotografi Dari Internet


Setelah mempunyai alat langkah selanjutnya adalah dengan mulai belajar mengenai fotografi. Sekarang ini sudah banyak bertebaran situs situs atau blog yang membahas mengenai fotografi. Kita bisa belajar dari sana dengan membaca banyak artikel yang membahas teknik teknik fotografi. Ada beberapa situs atau blog fotografi yang sudah saya rangkum menjadi artikel. Berikut artikelnya.

Baca Juga 7 Blog Fotografi Indonesia Yang Layak Diikuti Ulasannya



Selain blog atau situs fotografi kita juga bisa belajar melalui situs berbagi video seperti Youtube. Karena disana juga banyak sekali channel channel video yang membahas mengenai fotografi.

Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol

3.Ikut Komunitas Fotografi


Mendapatkan ilmu mengenai dunia fotografi juga bisa kita lakukan dengan cara gabung di komunitas komunitas fotografi di kota kita tinggal. Disana kita akan bertemu dengan banyak pelaku pelaku bisnis maupun orang yang pemula dibidang fotografi. Belajar dan cari ilmu disana serta sering sering lah mengikuti event atau acara yang diadakan komunitas untuk mengasah skill memotret.

4.Pahami Dasar Fotorgafi ( Segitiga Eksposure )


Ilmu dasar mengenai fotorgafi sebenernya ada pada segitiga eksposure. Dengan memahami dan menguasai hal ini saja kita sudah bisa menghasilkan gambar yang baik dengan mode manual. Pengaturan ISO, Shutter Speed dan Apperture ini memang menjadi kunci pokok penguasaan kamera yang harus dimengerti.

Baca Juga Teknik Fotografi : Mengenal Segitiga Eksposure



5.Maksimalkan Alat Yang Ada


Menjadi fotografer profesional itu gak harus mahal. Dengan alat seadanya saja kita bisa belajar dan memulai karir sebagai fotografer. Alat alat yang bagus memang perlu namun jika dana tidak mencukupi jangan dipaksakan. Maksimalkan saja alat yang ada telebih dahulu.

6.Sering Sering Memotret


Tentu ini adalah tips yang umum yang bisa dipakai disegala macam hobi. Jika kita ingin menjadi fotorgafer profesional tentu kita harus rajin rajin melakukan sesi pemotretan. Dengan latihan terus menerus tentu akan menambah skill kita dalam menghasilkan foto yang bagus. Selain itu melihat karya karya foto orang lain juga perlu untuk membandingkan dan mengoreksi kekurangan dari foto yang kita hasilkan.

7.Buat Portofolio ( Online dan Offline )


Bagi seorang fotografer portofolio bisa diibaratkan CV saat melamar kerja. Kita bisa menunjukkan portofolio kepada calon klien dan juga bisa kita gunakan untuk menentukan harga jasa fotografi yang kita tawarkan. Semakin banyak dan bagus portofolio yang kita punya tentu akan mendongkrak tarif kita sebagai penyedia jasa.

Portofolio ada 2 macam baik Online maupun Offline. Untuk online kita bisa membuat website, blog atau akun media sosial tempat kita menunjukkan hasil hasil foto kepada calon klien. Sedangkan untuk yang offline kita bisa mencetak karya karya fotografi kita dalam media album sehingga calon klien yang datang bisa melihatnya secara fisik.
Jangan lupa follow IG saya di Aristo Fotografi Pekalongan

Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol

8.Berani Promosi


Untuk menjadi fotografer profesional tentu dimulai dari langkah pertama yaitu membuka jasa fotografi. Nah sebagai pemula kita perlu melakukan promosi besar besaran agar orang mengenal kita sebagai jasa fotorgafi. Banyak langkah yang bisa kita lakukan sebagai promosi seperti :

  • Membuat brosur

  • Pasang pamflet atau reklame di pinggir jalan

  • Menghubungi MUA atau Rias Pengantin untuk mendapatkan pekerjaan

  • Endorse kepada akun instagram yang terkenal

  • Memberikan give away rutin

  • Memberikan diskon diskon tertentu


Dan beberapa ide promosi lainnya. Yang paling penting untuk memulai bisnis langkah pertama adalah jangan takut mengeluarkan uang untuk promosi. Karena kalau sudah dikenal maka uang akan datang dengan sendirinya.

9.Keluarkan Ide Ide Unik


Menjadi fotografer profesional juga harus memiliki otak yang kreatif. Ide ide unik tentu akan membuat kita mempunyai ciri khas yang membedakan dengan fotorgafer lainnya. Contohnya saya sendiri. Di tempat tinggal saya sudah banyak studio foto yang bagus bagus dan jika saya memaksakan bersaing jujur saya akan kalah. Maka dari itu saya juga ikut menyediakan kostum kostum Yukata Jepang dan Hanbok Korea sebagai properti. Dan ini terbukti bisa meningkatkan orderan dari klien.

Baca Juga Aristo Fotografi Pekalongan Solusi Kebutuhan Pemotretan Anda



10.Konsisten


Langkah terakhir dalam menjadi fotografer profesional adalah konsisten. Konsisten perlu dalam segala hal termasuk didunia fotografi. Jalankan secara terus menerus jangan pernah berhenti. Karena usaha tidak akan pernah membohongi hasil. Dengan konsisten terus menerus maka tidak akan ada halangan untuk kita menjadi fotografer profesional yang dikenal banyak orang.

Baca Juga Berapa Penghasilan Foto Studio Dengan Modal 10 Juta ? Ini Jawabannya



Demikianlah artikel mengenai Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol ini. Tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita mau berusaha. Semoga artikel ini membantu. Terima kasih dan salam fotorgafi. See u on the top.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menjadi Fotografer Profesional Dari Nol