ARISTO.ID Cara Menggunakan Google Trends Dalam Membuat Artikel. Google Trends adalah salah satu tools yang biasa digunakan para blogger dalam membuat artikel. Dengan Google Trends kita akan berpotensi mendapatkan trafik yang berlimpah. Namun bagaimanakah cara menggunakan Google Trends tersebut ?? Pada artikel ini saya akan coba membahasnya secara lengkap dan mendalam.
Apa Itu Google Trends ??
Apa sie Google Trends itu ??
Sesuai nama nya berarti Google Trends adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan data pencarian terbanyak atau terpopuler pada kurun waktu tertentu. Kita bisa melihat kata kunci apa saja sie yang paling banyak di masukkan dalam kolom pencarian Google.
Misalnya saja beberapa waktu yang lalu saat Mukidi sedang naik daun. Hampir setiap orang mencari Mukidi di internet mulai dari siapa sie Mukidi itu ?? Bertempat tinggal dimana ?? Bekerja sebagai apa ?? Sampai mempunyai anak dan istri berapa ??
Jika Mukidi banyak masuk pada kotak pencarian maka Mukidi sedang menjadi Trends. Dan Mukidi akan masuk dalam daftar Google Trends karena memang banyak yang mencari tahu Siapa Mukidi.
Bagaimana Cara Menggunakan Google Trends ??
Nah sekarang kita mulai membahas bagaimana cara menggunakan Google Trends ini. Perlu di jadikan catatan pula bahwa Google Trends ini kita gunakan juga untuk mencari kata kunci yang pas. Sehingga trafik yang banyak pun akan kita dapatkan jika artikel yang kita buat sesuai dengan SEO.
Baca Juga Cara Membuat Artikel SEO Menurut Plugin Yoast
1.Pilih Kategori Pencarian Trends
Pertama adalah kunjungi halaman dari Google Trends itu sendiri pada URL dibawah ini.
https://www.google.co.id/trends/explore

Nanti akan terlihat gambar seperti di atas. Disini kita akan memilih kategori dari Trends apa yang sedang kita cari dan bisa kita buat menjadi sebuah judul dari artikel.
- Angka 1 di atas adalah untuk memilih negara mana yang akan jadi target pencarian kita. Kalau kita menargetkan Indonesia ganti saja dengan negara Indonesia namun jika blog kita bahasa Inggris gunakan saja seluruh dunia.
- Angka 2 menunjukkan waktu dari Trends tersebut. Kita bisa memilih di antara 4 jam terakhir, 1 hari terakhir, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir dan beberapa pilihan waktu lainnya.
- Angka 3 adalah digunakan untuk memilih kategori dari artikel apa yang menjadi Trends. Bisa bisnis, teknologi, fotografi, gadget dan berbagai niche lainnya sesuai niche blog kita.
- Angka 4 menunjukkan penelusuran apa yang akan kita pilih. Ada penelusuran gambar, berita bahkan penelusuran dari Youtube pun tersedia.
Setelah memilih beberapa kategori di atas bisa langsung tekan Enter dan Google Trends pun akan langsung bekerja mencari kata kunci yang paling banyak di cari akhir akhir ini. Selain itu kita juga bisa menambahkan beberapa kata kunci di kolom paling atas halaman tersebut.
Atau bisa dilihat di gambar di bawahi.

2.Minat Menurut Subwilayah
Dalam menu ini kita bisa melihat daerah mana sajakah yang paling banyak mencari dari kata kunci yang coba kita masukkan di atas. Biasa nya ada 5 daerah terbesar yang mencari kata kunci yang kita masukkan. Berikut gambarnya.

Gambar di atas adalah hasil dari contoh kata kunci yang saya masukkan. Saya mencoba mencari kata kunci '' Google '' dan itulah hasilnya. Gorontalo dan Sulawesi Utara menduduki peringkat pertama dengan nilai 100. Di ikuti dengan NTB, Riau dan juga Bali di peringkat bawahnya.
Baca Juga Cara Mendapatkan Sitelink Dari Mbah Google Yang Benar
3.Topik Dan Kueri Terkait

Selanjutnya adalah tentang Topik dan Kueri Terkait. Topik Terkait adalah kata kunci yang populer yang biasa di ketikkan oleh pengunjung di browser mereka. Dalam kata kunci '' Google '' yang saya ketikkan '' Google Perusahaan '' menduduki peringkat pertama. Ini berarti yang saya ketik Google arti yang paling relevan dan populer adalah Google sebuah perusahaan.
Sedangkan Kueri Terkait adalah kata kunci yang sedang naik daun atau sedang banyak banyak nya di cari oleh pengguna internet. Ada 2 pilihan untuk menentukan Kueri Terkait yaitu Naik Tajam dan Teratas.
Dari Kueri Terkait itu lah biasanya saya menggunakannya untuk mencari kata kunci yang paling banyak di cari. Setelah mendapatkan kata kunci nya saya pun membuat artikel yang sesuai dan relevan dengan kata kunci yang sedang saya bidik tersebut.
Kita bisa mengkombinasikannya dengan Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci yang memiliki nilai klik tinggi. Sehingga di dapatkan kata kunci yang sedang Ngetrends dan juga mahal nilai kliknya.
Demikian lah pembahasan mengenai Cara Menggunakan Google Trends Dalam Membuat Artikel semoga bisa bermanfaat. Terima kasih dan salam Blogging.